Ini Dia Beberapa Profesi Akuntansi

Profesi AkuntansiDulu, sewaktu saya masih SMP, ingin sekali rasanya saya menjadi seorang akuntan, walaupun waktu itu tidak tahu apa saja kerjaannya seorang akuntan, yang ada hanya bayangan pekerjaan menghitung hitung uang.. hehe saat itu melihat saudara yang kuliah di STAN dan berhasil jadi pegawan di departemen keuangan serasa keren aja :)
ok, stop ah curhatnya 

kali ini saya tertarik untuk menulis tentang profesi akuntansi, apa itu profesi akuntansi? apa saja yang termasuk profesi akuntansi? yang dimaksud profesi akuntan itu adalah semua bidang pekrjaan yang menggunakan keahlian dibidang akuntansi. ntah itu di swasta ataupun dipemerintahan, baik itu dibidang industri, industri jasa keuangan, usaha dagang atau bahkan menjadi guru sekalipun.

profesi akuntansi
profesi akutnansi

[1] Akuntan

Sebuah profesi akuntansi dimana bertanggung-jawab menghasilkan laopran keuangan serta informasi akuntansi dalam sebuah organisasi entitas bisnis (perusahaan)
Tugas Utama seorang akuntan ialah membukukan seluruh aktivitas ekonomi yang dilakukan oleh perusahaan dengan sistematis, periodik serta dengan mudah mampu utuk dipahami oleh pihak pihak yang berkepentingan atas laporannya, baik internal perusahaan ataupun eksternal perusahaan.
Biasanya, seorang akuntan ada yang membaginya dengan Akuntan Keuangan dan Akuntan Manajemen.

[2] Internal Auditor

Internal Auditor tugasnya ialah mengaudit/memeriksa internal perusahaan untuk kepentingan manajemen/internal perusahaan, juga untuk memastikan manajemen telah melaksanakan aktivitas ekonomi yang efisien, efektif serta ekonomis dmei kemajuan perusahaannya.

[3] Akuntan Publik

Kalau sebelumnya adalah Internal Auditor yang bertugas mengaudit untuk kepentingan perusahaan, maka Akuntan Publik memeriksa laporan keuangan perusahaan untuk kepentingan diluar manajemen, terutama stockholder dan yang lainnya serta memberikan pendapat terhadap aktivitas yang dilakukan oleh perusahaan. ya bisa dibilang untuk lebih meyakinkan laporan keuangan yang disusun manajemen sudah wajar atau tidak.

[4] Akuntan Pajak

Ya, sudah jelas perkerjaannya adalah menghitung pajak perusahaan. Namun, akuntan pajak ini pekerjaannya bukan hanya sekadar menghitung pajak, tetapi juga mencoba menganalisa serta memberikan saran terhadap manajemen bagaimana harusnya sebuah transaksi dilakukan supaya pajak yang harus dibayar menjadi seminimal mungkin namun tanpa harus mencurangi aturan perpajakan. konsultan pajak termasuk didalamnya, silahkan baca syarat syarat bila ingin menjadi konsultan pajak

[5] Akuntan Pemerintah 

Akuntan ini bekerja disektor pemerintahan, pekerjaan utama Akuntan Pemerintah adalah menyusun sebuah laporan keuangan pemerintah, biasanya juga melakukan audit terhadap instansi instansi diberbagai tingkatan pemerintah juga di sebuah entitas bisnis dimana pemerintah memiliki kepentingan atas entitas bisnis tersebut seperti pajak dan bea cukai. Sudut pandang yang digunakan bukan laba rugi lagi, melainkan sudut pandang aturan pemerintahan.

[6] Akuntan Pendidik

Seorang dosen ataupun seorang guru, yap mereka-mereka itulah yang bisa kita sebut sebagai Akuntan Pendidik, fungsi utama akuntan pendidik jelas memberikan pendidikan dibidang akuntansi untuk murid atau anak didiknya, namun bukan hanya itu saja tugasnya, seorang Akuntan Pendidik juga bisa melakukan sebuah penelitian yang membahas tentang suatu permasalahan ataupun isu yang berkembang didalam lingkup akuntansi
Nah, itu dia sekilas tentang beberapa profesi akuntansi yang mungkin salah satunya adalah cita cita kalian kedepannya, untuk pembahasan masing masing profesi, nanti saya akan posting secara terpisah, jadi sabar dulu ya :). Semoga tulisan tentang Profesi Akuntansi ini bisa memberikan manfaat bagi anda.



Artikel Terkait:

7 comments:

  1. untuk akuntan pendidik apakah untuk jurusan sekolah atau universitas pendidikan dasarnya berbeda min?

    ReplyDelete
    Replies
    1. jurusan akuntansi biasanya ada dua
      akuntansi pendidikan dan akuntansi murni, kalau mau jadi pendidik atau guru ambil yang pendidikan, mata kuliah dasar akuntansinya sama walau tidak sekomplek yang murni, akuntansi pendidikan umumnya juga ada matakuliah tentang pendidikan dan cara mengajar

      Delete
  2. assalamu'alaikum.
    ka, ini saya hendri.
    ka, boleh gk shering ilmu akutansinya?
    hendri kan lmasih sma, hendri punya cita - cita kecil(selain jadi dokter) ingin jadi accountig.
    gimana ka awal pertama belajar accounting, shere dong ka?
    yhendri97@gmail.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. walaikum salam mas hendri

      share ilmu apa ya lha wong saya cuma bisa sekedarnya hehehe
      awal belajar akuntansi cuma belajar konsepnya aja H=U+M
      itu aja...hhehe

      Delete

Thanks for coming, kritik dan sarannya kami tunggu, berkomentarlah dengan sopan | Mohon maaf apabila komentar atau pertanyaan yang tidak terjawab karena keterbatasan waktu dan ilmu | Jika artikel ini bermanfaat, silahkan dishare