Akuntan Publik, Apa Itu?

Pernah dengar Akuntan Publik ? apa pengertian Akuntan publik ?

Akuntannya masyarakat yak? haha .. secara sederhana, akuntan publik adalah tukang periksa

Apa yang diperiksa? yang diperiksa adalah Laporan Keuangan Perusahaan

Lha terus mengapa laporan keuangan perusahaan harus diperiksa?


profesi akuntan publik
akuntan publik
Singkat cerita, perusahaan kan ada yang punya tuh, yang punya itu (pemilik/investor) menyuruh orang untuk menjalankan bisnis di perusahaannya, yang disuruh ini disebut manajemen,

Pemilik perusahaan tentunya perlu mengawasi dan butuh informasi semua tentang aktivitas yang dilakukan olah manajemen. manajemen lalu menyusun laporan keuangan yang berisi semua aktivitas aktivitas yang dia lakukan pada perusahaan tersebut sebagai pertanggung jawaban terhadap majikannya (pemilik perusahaan). 

Dalam laporan manajemen ini bisa saja pihak manajemennya nakal, jadi bisa ditipu tipu tuh yang punya duit, informasi yang diberikan tidak valid, atau tingkat kevaliditasnya diragukan. 

Untuk menghindari hal hal yang tidak diinginkan, biar tidak ditipu dengan laporan yang tidak sesuai, si pemilik perusahaan ini menyuruh orang buat memeriksa laporannya itu, untuk memastikan bahwa laporan yang dibuat oleh manajemen ini wajar atau tidak wajar, merugikan dia apa tidak, dan orang atau lembaga yang disuruh meriksa laporan keuangan ini adalah Akuntan Publik 

Akuntan publik ini merupakan bagian dari jenis profesi akuntansi, orangnya disebut auditor, nah tempat kerja auditor jenis ini ada di Kantor Akuntan Publik ( KAP )

Seorang profesi akuntan publik harusnya independen, harus netral, agar pemeriksaannya benar benar sesuai dengan kaidah yang ada, kalau auditor nyerong ke pihak manajemen bisa bahaya tuh. bisa main main nantinya, jadi biasanya harus independen, biar bisa dipercaya itu laporan

Wah lumayan panjang juga ya ceritanya...  mohon maklum saya tidak pandai mengarang
Tentang akuntan publik sebenarnya sudah ada yang mengatur

Berikut saya tulisakan mengenai pengertian akuntan publik

Pengertian Akuntan Publik


Akuntan Publik adalah seorang akuntan yang mendapatkan ijin dari Menteri Keuangan guna memberikan layanan jasa akuntan publik di Indonesia. Ketentuan ini telah diatur didalam UU No 5 th 2011 tentang Akuntan Publik dan juga Permenkeu No 17/PMK01/2008 mengenai Jasa Akuntan Publik. Seorang Akuntan harus menjadi anggota Institut Akuntan Publik Indonesia sebagai asosiasi profesi profesi akuntan publik yang telah diakui oleh pemerintah agar bisa mengaudit laporan keuangan.

Standar Pelaporan Akuntan Publik
  • Laporan wajib menyatakan, apakah suatu laporan keuangan yang diperiksa sesuai dengan prinsip akuntansi keuangan yang berlaku umum.
  • Pengunkapan informasi pada laporan keuangan harus dipandang memadai, kecuali jika dinyatakan lain didalam lporan auditor.
  • Laporan harus menyatakan dan menunjukkan apabila ada ketidak-konsistenan dalam menerapkan prinsip akuntansi didalam penyusunan sebuah laporan keuangan pada periode yang sedang berjalan yang dibandingkan periode terdahulu
  • Laporan audit harus terdapat suatu pernyataan pendapat tentang laporan yang diperiksa secara menyeluruh. apabila tidak memberikan pendapat atas laporan keuangan, maka alasan tidak memberikan pendapat itu harus disertakan. Laporan auditor juga harus terdapat petunjuk jelas mengenai sifat pekerjaan audit yang dijalankan/dilaksanakan apabila ada dan tingkatan tanggung jawab yang dimiliki/dipikul oleh auditor.

Peranan Akuntan Publik


Berikut beberapa peranan seorang akuntan publik
  • Mengendalikan serta mengarahkan dengan efektif sumber daya yang dimiliki perusahaan.
  • Memberikan keputusan yang terkait dengan penggunaan sumber daya termasuk didalamnya mengidentifikasi bidang keputsuan rumit serta penetapan tujuuan dan sasaran entitas.
  • Memberikan laporan atas kepemilikan sumber daya yang dimiliki/dikuasai oleh entitas/organisasi.

Nah sekian dulu ya sekilas tentang Akuntan Publik, semoga bisa memberikan gambaran dan bermanfaat


Comments

  1. Berarti perannya si akuntan publik atau auditor ini cukup penting dong ya sebagai pihak independent yg ngaudit laporan keuangan perusahan2... nggak kebayang klo si empunya perusahaan main percaya2 aja sama manajemennya dan nggak ngelakuin audit keuangan, klo pihak manajemennya jujur klo nggak wah bisa gulung tiker tuh perusahaan hahaha... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha iya mas
      nanti malah kena kudeta sama si manajemen..
      lha yang lebih tau dapur dan racikan perusahaan kan manajemen

      owner taunya cuma pengen terima duit terus... hohooho

      Delete
  2. akuntan publik itu yang memeriksa laoran keuangan perusahaan,,, jadi apakah sama dengan OJK yang memeriksa laporan keuanagan bank?...

    ReplyDelete
    Replies
    1. BEDA

      yang memeriksa laporan keuangan bank ya tetap akuntan publik a.k.a auditor

      OJK adalah regulator , wasit, yang membuat aturan dan mengawasi kegiatan yang ada pada industri keuangan

      Delete
  3. Mau tanya,, mengapa tidak semua akuntan publik dapat mengaudit perusahaan?

    ReplyDelete
  4. sebutkan dan jelaskan tentang indepedensi bagi akuntan publik. mau infonya dong thx

    ReplyDelete
  5. Gua lagi cari sumber cletukan mengenai Ap maupun Kap nih. Selain dalam PMK dan PP ada lagi gak yah. Tks

    ReplyDelete

Post a Comment

Thanks for coming, kritik dan sarannya kami tunggu, berkomentarlah dengan sopan | Mohon maaf apabila komentar atau pertanyaan yang tidak terjawab karena keterbatasan waktu dan ilmu | Jika artikel ini bermanfaat, silahkan dishare