Komponen Sistem Informasi Manajemen


Komponen sistem informasi manajemen adalah semua elemen elemen yang membentuk sebuah sistem informasi. Komponen dalam sistem informasi manajemen umumnya terbagi menjadi dua bagian :
  1. Komponen Sistem Informasi Manajemen Fungsional
  2. Komponen Sistem Informasi Manajemen Fisik.

sistme informasi manajemen
Komponen Sistem Informasi Manajemen

1. Komponen Sistem Informasi Manajemen Fungsional

Komponen sistem informasi manajemen fungsional merupakan semua komponen yang berkaitan dengan teknik pengumpulan data, pemprosesan data, pengiriman data, penyimpanan dan pelaporan informasi yang diperlukan oleh manajemen.

Komponen komponen sistem informasi manajemen secara fungsional terdiri dari:
  1. Sistem administrasi dan operasional
  2. Sistem pelaporan manajemen
  3. Sistem database
  4. Sistem pencarian
  5. Manajemen laba

# Sistem Administrasi dan Operasional

Komponen administrasi dan operasional meliputi bagian bagian manajemen yang melakukan kegiatan kegiatan rutin yang prosedur prosedurnya telah ditentukan seperti pada bagian administrasi, personalia dan bagian yang liannya.

Komponen ini harus diawasi dengan teliti supaya jika terjadi perubahan perubahan yang merugikan bisa segera bisa diketahui dan diantisipasi.

# Sistem Pelaporan Manajemen

Sistem pelaporan manajemen adalah sebuah komponen sistem informasi manajemen yang mencakup bagian bagian yang tugas utamanya menyusun laporan kinerja secara rutin/periodik

# Sistem Pencarian

Sistem pencarian memberi informasi informasi yang diperlukan sesuai dengan yang diminta dan bentuknya tidak terstruktur untuk mengambil sebuah keputusan .

# Sistem Database

Sistem database adalah komponen yang berguna untuk menyimpan semua data dan informasi mengenai kegiatan perusahaan.

# Manajemen Data

Manajemen data adalah komponen sistem informasi manajemen yang memastikan bahwa data data yang dimiliki akurat, kekinian (up to date), aman, dan siap untuk digunakan. Manajemen data juga berfungsi sebagai penghubung antara database dan komponen komponen sistem informasi lainnya.

Manajemen data menggunakan software yang bisa membantu dalam memperoleh, memelihara mengontrol, mengolah hingga mempermudah akses data agar bisa digunakan dengan mudah.

2. Komponen Sistem Informasi Manajemen Fisik

Komponen sistem infomrasimanajemen secara fisik merupakan semua peralatna fisik yang dibutuhkan sistem informasi manajemen agar bisa jalan. Komponen komponen sistem informasi manajemen secara fisik diantaranya adalah:
  1. Perangkat keras (hardware)
  2. Perangkat lunak (software)
  3. Database
  4. Prosedur
  5. Personel
  6. Jaringan data

# Perangkat Keras (Hardware)

Perangkat keras adalah salah satu komponen sistem informasi manajemen yang mutlak diperlukan. Perangkat keras fisiknya kelihatan secara nyata. Hardware bisa berjalan sesuai dengan apa yang diperintahkan penggunanya. Contohnya smartphone, printer, komputer lengkap dengan peralatannya.

# Perangkat Lunak (Software)

Perangkat lunak tidak berupa fisik, tapi berupa file dan aplikasi aplikasi yang mengisi perangkat keras yang mendukung berjalannya sistem informasi manajemen perusahaan. Perangkat lunak inilah yang akan memberikan perintah atau instruksi kepada perangkat keras bagaimana dia akan dijalankan.

Software banyak berisikan data data elektronik yang bisa menjalankan hardware sesuai dengan perintah yang diberikan.

Software merupakan bagian sistem dari perangkat keras yang tidak berwujud. Termasuk didalammya data yang telah diformat, disimpan, termasuk program aplikasi komputer, dokumentasi dan berbagai data yang bisa ditulis dan dibaca oleh perangkat keras.

Software umumnya terdiri dari sistem operasi, bahasa pemprograman dan program aplikasi.

# Database

Database atau basis data merupakan tempat menyimpan data dan informasi yang berupa fila file yang berisi data dan program perusahaan yang dikumpulkan dan disimpan secara sistematis sedemikian rupa sehingga bisa dengan mudah diakses oleh para penggunanya. Database bisa menghindari pengulangan informasi dan data.

Aplikasi perangkat lunak yang biasanya dipakai untuk mengelola basis data tersebut disebut dengan database management system (DBMS).

# Prosedur Pengoperasian

Prosedur adalah komponen fisik yang berupa panduan atau instruksi dalam menjalankan sistem informasi manajemen. Prosedur pengoperasian umumnya berupa instruksi penyiapan data dan instruksi petunjuk pengoperasioan hardware dan software.

Prosedur bisa berisi tentang kebijakan metode yang akan dipakai, peraturan peraturan dalam penggunaan sistem informasi manajemen yang berbasis teknologi informasi.

# Personil (Brainware)

Personel merupakan komponen yang menjalankan dan mengoperasikan semua komponen fisik lainnya diatas, mulai dari mengadakan hardware, menjalankan software dan mematuhi prosedur.

Siapa yang akan menghidupkan komputer? siapa yang akan mengoperasikan komputer? tentu adalah manusia. Sumber daya manusia dalam sistem informasi manajemen bisa terdiri dari pakar sistem dan pengguna informasi.

Pakar sistem atau ahli adalah orang yang menjalankan dan mengoperasikan sistem informasi pada perusahaan. Contohnya operator, analis sistem, programer, staf dan lainnya.

Pengguna informasi atau pemakai merupakan pihak yang membutuhkan dan menggunakan data informasi yang telah dihasilkan oleh sistem informasi manajemen untuk keperluannya. misalnya manajemen baik tingkat atas, menengah atau atas, pelanggan, pemasok, kreditur maupun stakeholder lainnya.

# Jaringan Data

Jaringan data adalah gabungan beberapa seperangkat hardware dan software yang telah didesain sedemikian rupa sehingga bisa saling berbagi informasi, komunikasi dan akses data dari beberapa tempat sekaligus antara satu bagian dengan bagian yang lain dalam sebuah perusahaan.

Dengan adanya jaringan data, maka pertukaran data bisa dengan mudah dilakukan, komunikasi antar lini diperusahaan bisa dilakukan dengan cepat, akses data dan informasi yang lebih efisien dan diberikan dalam waktu yang cepat dan terupdate.

Baca juga tulisan terkait:
  1. Manfaat Sistem Informasi Manajemen 
  2. Tujuan Sistem Informasi Manajemen
Dari komponen komponen yang terdapat pada Sistem Informasi Manajemen antara komponen yang satu dan yang lainnya memiliki keterkaitan yang erat, dan karena eratnya keterkaitan tersebut para pemakai informasi bisa mendapatkan keyakinan dalam sebuah keputusan oleh sebuah organisasi.



Comments